Catur Warga

Selamat Datang

on Sunday, 22 July 2012. Posted in Catur Warga

MAHAKERTAWARGA DANGHYANG BANG MANIK ANGKERAN SIDDHIMANTRA

 adalah sebuah organisasi atau paguyuban keluarga besar  keturunan atau pratisentana Ida Danghyang Bang Manik Angkeran – putra dari Ida Danghyang Siddhimantra.

Seperti diketahui dalam berbagai Babad, seperti Babad Dalem – sebagai “induknya” babad di Bali, maka Danghyang Siddhimantra memiliki 3 saudara lainnya yakni : Ida Danghyang Panawasikan, Ida Danghyang Smaranatha  serta Ida Danghyang Kepakisan.  Ida Danghyang Smaranatha berputra Danghyang Angsoka dan Danghyang Nirartha atau Danghyang Dwijendra. Danghyang Angsoka berputra Danghyang Astapaka yang menurunkan Brahmana Budha di Bali, sedangkan Danghyang Dwijendra menurunkan Brahmana Siwa. Sementara itu Ida Danghyang Kepakisan menurunkan Dalem di Bali.

Ida Danghyang Bang Manik Angkeran sendiri memiliki 4 putra – karena itu Mahakertawarga juga sering disebut dengan Catur Warga, yakni Ida Bang Banyak Wide yang keturunannya dikenal dengan warga Wang Bang Pinatih, Ida Tulus Dewa yang keturunannya disebut warga Wang Bang Sidemen, Ida Wang Bang Wayabya dengan keturunannya Wang Bang Wayabya atau Wang Bang Kajakauh, dan Sira Agra Manik dengan pratisentana dikenal dengan Agra Manikan. Warga dari ke empat Catur Warga ini tersebar, utamanya di Bali. (Lihat lebih jauh Sejarah Catur Warga dalam SIDDHIMANTRA TATWA  atau disebut juga BABAD DANGHYANG BANG MANIK ANGKERAN).

** (Baca juga TOKOH KITA : MADE SOEKOE, tokoh panutan Catur Warga, pada "TOKOH")

Selamat Datang

PAGUYUBAN  MAHAKERTAWARGA DANGHYANG BANG MANIK ANGKERAN SIDDHIMANTRA

MAHAKERTAWARGA DANGHYANG BANG MANIK ANGKERAN SIDDHIMANTRA * adalah sebuah organisasi atau paguyuban keluarga besar keturunan atau pratisentana Ida Danghyang Bang Manik Angkeran – putra dari Ida Danghyang Siddhimantra. Selengkapnya>>

Penggemar

Kalender Bali